-->

Wabah Nyamuk Virus Zika, Penyebab Otak Bayi Mengecil

Anda Ingin Sembuh dari Penyakit ?

Ingat ! Browsing Kesehatan lebih baik daripada Browsing Obat

Wabah Nyamuk Virus Zika, Penyebab Otak Bayi Mengecil

Virus Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, penyebab Otak Bayi Mengecil adalah dari viruz Zika ini. Virus ini masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya oleh penyebaran nyamuk.

Seperti yang dikutip dalam Wikipedia penyakit oleh virus Zika berasal dari daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an.  Namun pada 2014, virus ini menyebar ke timur melintasi Samudra Pasifik ke Polinesia Perancis, kemudian ke Pulau Paskah dan pada tahun 2015, ia menyebar ke Amerika Tengah, Karibia, dan kini ia menyebar ke Amerika Selatan sebagai satu wabah besar.

Wabah Nyamuk Virus Zika, Penyebab Otak Bayi Mengecil

Pada Januari tahun 2016, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan perjalanan untuk negara-negara tejangkit wabah, termasuk panduan langkah pencegahan yang dipertingkatkan dan pertimbangan untuk menunda kehamilan bagi wanita.

Menurut laporan, transmisi virus Zika pada janin dapat menyebabkan mikrosefalus pada bayi yang baru lahir. Jadi untuk saat ini Amerika Serikat terkena wabah virus Zika ini.

Apakah Indonesia sudah terkena wabah Virus Zika ?

Untuk saat ini Lembaga Eikjman pernah melaporkan kehadiran virus Zika kepada Kementerian Kesehatan. Peneliti Eikjman Institute menemukan virus tersebut saat terjadi wabah demam dengue di Provinsi Jambi, Desember 2014-April 2015

Apakah untuk saat ini Indonesia Terkena Wabah Lagi ?

Untuk saat ini masih belum ada data atau informasi ditemukan wabah virus Zika muncul lagi di Indonesia. Namun beberapa daerah seperti Amerika, Tiongkok, Brasil masih menangani virus ini.

Apa Gejala-Gejala Terkena Virus Zika ?

Virus Zika dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri di belakang mata, mata memerah, demam dan lelah. Gejala seperti ini biasanya bersifat ringan namun dalam kurun waktu 2-7 hari.

Transmisi virus Zika yang terjadi di dalam kandungan dikaitkan dengan terjadinya mikrosefali dan kerusakan otak pada janin. Mikrosefali adalah kondisi dimana lingkar kepala lebih kecil dari ukuran normal. Jadi untuk ibu hamil diharapkan untuk pelindungan yang lebih untuk mengenai dampak dari Virus ini.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Oleh Virus Zika

Penyebaran Virus Zika

Selain media penyebaran oleh nyamuk Aedes Aegypti, seperti informasi yang kami  dapatkan penyebaran virus ini bisa melalui tranfusi darah atau hubungan seksual.

Untuk saat ini pencegahan di Indonesia menggunakan fogging pada setiap pemukiman atau drainase, namun karena kasusnya sama dengan demam berdarah dan sebagainya, maka di anjurkan untuk melakukan pencegahan sesuai dengan prosedur demam berdarah.

Apakah Vaksin Virus Zika Sudah Ditemukan ?

Kami belum mendapatkan data yang lengkap mengenai informasi vaksin virus Zika ini, namun seperti yang dikutip oleh bbc.com/indonesia, vaksin akan bisa ditemukan sepuluh tahun lagi.

Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anda untuk mencegah tejadinya virus ini pada diri anda atau keluarga anda.

Dapatkan Tips Kesehatan Lainnnya, Gratis Untuk anda..

5 Artikel Pilihan Untuk Anda