-->

7 Faktor Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Anda Ingin Sembuh dari Penyakit ?

Ingat ! Browsing Kesehatan lebih baik daripada Browsing Obat

7 Faktor Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Kanker apabila disebut dengan tumor jika kondisi penyakit kanker sudah masuk dalam kategori parah, karena pada umumnya kanker bisa menjalar atau menyebar di beberapa bagian tubuh, tidak hanya bagian tubuh yang menjadi penyebab kanker tapi yang tidak menjadi penyebab kankerpun bisa terkena kanker.

7 Faktor Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Menurut data statistik google pencarian akan kanker payudara sangatlah tinggi, jadi untuk mendapatkan penanganan dan pencegahan yang serius anda perlu mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara. Ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan atau memiliki risiko dan berhubungan dengan terjadinya kanker payudara :

1. Umur

Perempuan yang biasanya berumur lebih dari 40 tahun mempunyai risiko kanker payudara yang lebih parah daripada perempuan yang berumur kurang dari 40 tahun, karena kebanyakan perempuan yang berumur tersebut melakukan mamografi pada program pemeriksaan setempat. Kasus kanker payudara terbesar biasanya memilikir usia 40-64 tahun.

2. Jenis kelamin

Perlu diketahui laki-laki dapat terkena kanker namun risiko lebih tinggi kanker payudara pada perempuan, Menurut penelitian kesehatan di Inggris 99% terjadi pada perempuan sedangkan pria 1% terkena kanker payudara.

3. Umur Menarche

Perlu diketahui Menarche adalah  haid yang  pertama kali, biasanya terjadi pada usia 11 - 16 tahun yang merupakan peristiwa terpenting pada gadis remaja. Pada perempuan yang riwayat menarche-nya lambat insidensinya akan lebih rendah sedangkan menarche awal (dibawah 12 tahun) termasuk dalam faktor risiko terjadinya kanker payudara

4. Genetik

Risiko terkena kanker payudara meningkat pada perempuan karena faktor genetik atau keturunan dari ibu atau saudara perempuan yang mengalami kanker payudara.

5. Paritas

Paritas adalah keadaan yang mununjukkan jumlah anak yang pernah dilahirkan. Perempuan yang tidak memiliki anak (Nullipara) Nullipara adalah seorang wanita yang belum pernah melahirkan dengan usia kehamilan lebih dari 28 minggu atau belum pernah melahirkan janin yang mampu hidup diluar rahim. Mempunyai risiko 1,5 Lebih tinggi daripada perempuan yang memiliki anak (Multipara)

6. Tidak Menyusui

Menyusui salah satu faktor penting yang memberikan proteksi pada risiko kanker payudara, Menyusui dapat menyebabkan perubahan pada sel payudara yang membuat mereka lebih tahan terhadap mutasi sel terkait kanker.

7. Umur Menopause

  • Perlu diketahui Menopause wanita adalah penghentian permanen menstruasi (haid) dari seorang wanita yang berarti pula akhir dari reproduktif. 
  • Perubahan endokrin, hormon yang terlibat selama bertahun-tahun dalam kehidupan wanita terutama disebabkan oleh kehilangan fungsi ovarium yang semakin meningkat.
  • Perempuan yang umur menopause-nya terlambat atau lebih dari 50 tahun mempunyai risiko lebih tinggi daripada umur menopause-nya normal yaitu dibawah 50 tahun.

Itulah 7 Faktor Penyebab Kanker Payudara, maka dari itu anda perlu untuk menjaga dan merawat tubuh dengan baik. Semua itu tergantung anda, ingin lepas dari kanker payudara saja atau memilih untuk lepas dari semua penyakit dan menikmati hidup sehat.

Dapatkan Tips Kesehatan Lainnnya, Gratis Untuk anda..

5 Artikel Pilihan Untuk Anda