-->

Ciri-Ciri dan Gejala Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Anda Ingin Sembuh dari Penyakit ?

Ingat ! Browsing Kesehatan lebih baik daripada Browsing Obat

Ciri-Ciri dan Gejala Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Payudara adalah kelenjar yang terletak di bawah kulit dan di atas otot dada, payudara dewasa beratnya kira-kira sekitar 200gr yang kiri biasanya lebih berat dibandingkan dengan yang sebelah kanan. Pada waktu masa hamil, payudara akan membesar dan mencapai sekitar 600gr dan pada ibu menyusui akan mencapai sekitar 800gr.

Ciri-Ciri dan Gejala Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Perlu diketahui kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar, dan jaringan penunjang payudara. Kanker payudara terjadi karena sejumlah sel yang ada di payudara berkembang secara tidak terkendali.

Saat ini masih belum ada data statistik di Indonesia mengenai kanker payudara, namun kami telah menemukan statistik pencarian akan semua kanker payudara di media internet dan statistik pencarian payudara di Internet adalah paling tinggi dibandingkan dengan kanker otak atau kanker lainnnya. Hal ini menunjukkan bahwa tidak sedikit orang yang mengalami kanker payudara.

Statistik Ciri-Ciri dan Gejala Penyebab Penyakit Kanker Payudara
Statistik Pencarian Penyakit Kanker Payudara

Berikut ini adalah Gejala atau Ciri-Ciri Penyebab Kanker Payudara

  1. Munculnya Benjolan Sekitar Pada Payudara - Gejala Kanker payudara yang mudah dikenali munculnya benjolan pada payudara secara tidak teratur dan dapat anda periksa dengan tangan anda sendiri. Benjolan ini tidak membuat sakit namun membuat payudara anda disebelah pinggi tidak teratur.
  2. Munculnya Benjolan di Sekitar Ketiak
  3. Perubahan Ukuran payudara dan Bentuk payudara - Ukuran payudara menjadi aneh dan tidak wajar, biasanya fase ini menjadi lebih parah
  4. Keluarnya Nanah pada payudara - Gejalanya ini munculnya Cairan berwarna kuning ke hijau-hijauan
  5. Kulit disekitar Payudara tampak bersisik - Gejala ini disertai perubahan warna kulit (biasanya warna merah)dan tekstur di sekitar payudara menjadi seperti sisik atau kasar
  6. Puting tampak ke dalam dan menimbulkan efek gatal
  7. Nyeri dan bengkak pada payudara

Faktor-Faktor Penyebab Kanker Payudara

Sebenarnya penyebab kanker tidak diketahui secara pasti namun terdapat beberapa faktor genetik, hormon dan lingkungan yang mungkin bisa menyebabkan kanker payudara.

Faktor Genetik pada Kanker Payudara

Kejadian faktor kanker payudara akibat kelainan genetik sebesar 5-10%. Untuk mengetahuinya anda dapat mengumpulkan riwayat kesehatan keluarga yang terkena kanker payudara dan memetakannya dalam bentuk silsilah.

Riwayat keluarga yang perlu diketahui ialah ibu atau saudara perempuan yang terkena umur dibawah 50 tahun atau keponakan dengan jumlah lebih dari dua.

Faktor Hormon pada Kanker Payudara

Perlu diketahui hormon Estrogen adalah horman yang berperan sebagai proses pertumbuhan organ seksual perempuan. Penyebab awal kanker disebabkan oleh adanya reseptor estrogen pada sel-sel epitel saluran kelenjar susu. Hormon yang menempel pada saluran tersebut lambat laun akan mengubah sel-sel epitel menjadi kanker payudara.

Baca Juga : 7 Faktor Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara

Penggunaan KB hormonal seperti pil, suntik dan susuk yang mengamdung banyak dosis estrogen meningkatkan risiko penyebab kanker payudara.

Faktor Lingkungan pada Kanker Payudara

Terkena paparan radiasi dari bahan-bahan radioaktif, sinar X dan pencemaran yang mengandung bahan kimir bisa meningkatkan risiko kanker payudara apabila radiasi terjadi sebelum umur 40 tahun.

Dari artikel di atas diketahui bahwa tanda-tanda penyebab Penyakit Kanker Payudara, anda dapat mengamati satu-persatu yang faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Dapatkan Tips Kesehatan Lainnnya, Gratis Untuk anda..

5 Artikel Pilihan Untuk Anda